• Pencegahan Kejahatan Di Perumahan

Buku "Pencegahan Kejahatan di Perumahan" membahas tentang pencegahan kejahatan di perumahan dengan berbasis pada beberapa pendekatan pencegahan kejahatan, khususnya pendekatan situasional dan kemasyarakatan. Dalam buku ini juga dibahas salah satu model dari pendekatan situasional yang tidak bisa dilepaskan dari pendekatan berbasis masyarakat, yaitu ruang yang terjaga (defensible space). Pendekatan situasional lebih menekankan pada intervensi terhadap peluang/kesempatan dilakukannya kejahatan, sementara pendekatan berbasis masyarakat lebih menekankan pada pemberdayaan masyarakat dalam melakukan pencegahan kejahatan secara kolektif dan mandiri.

Pesan yang ingin disampaikan dalam buku ini adalah bahwa mencegah kejahatan itu tidak cukup hanya dengan menghukum pelakunya dan menyerahkan kepada polisi serta penegakan hukum lainnya, sehingga kita harus menunggu terjadinya kejahatan dulu baru ditanggulangi. Tetapi yang jauh lebih penting dari itu adalah mengupayakan supaya kejahatan tidak terjadi. Untuk itu perlu berbagai upaya bersama secara kolektif dalam melakukan pencegahan kejahatan, khususnya di lingkungan perumahan. Hal ini penting dilakukan karena masyarakatlah yang lebih mengetahui apa yang terjadi di lingkungannya dan seharusnya masyarakat pula yang lebih mengetahui langkah-langkah apa yang dapat dilakukan. Karena itu memberdayakan masyarakat dalam melakukan pencegahan kejahatan secara mandiri dan kolektif harus menjadi pilihan utama.

Buku ini penting bagi semua orang, karena perusahaan adalah kebutuhan dasar, bagi semua orang. Selain itu buku ini juga penting bagi semua pihak yang memandang bahwa kejahatan adalah masalah kehidupan yang sering kali mengganggu aktifitas sehari-hari, dan karenanya harus ada upaya yang dilakukan untuk mencegah terjadinya. Walaupun di lain pihak kejahatan juga harus dipandang tidak hanya berdampak negatif tetapi juga punya fungsi yang positif, salah satunya adalah dapat menumbuhkan kohesifitas sosial dan sekaligus dapat digunakan untuk mengukur kinerja dari penegak hukum.

Info Buku
ISBN 978-979-461-911-7
Dimensi 14,5 x 21 cm
Jenis Cover Soft Cover
Jenis Kertas Book Paper
Berat 200 gr
Jumlah Halaman X-198 hlm
Tahun Terbit 2015
Penerbit Yayasan Pustaka Obor Indonesia

Tulis ulasan

Catatan: HTML tidak diterjemahkan!
    Jelek           Bagus

Pencegahan Kejahatan Di Perumahan

  • Penulis: Dadang Sudiadi
  • Ketersediaan: Tersedia
  • Rp.60.000


Produk Terkait

Melayu Pesisir dan Batak Pegunungan: Orientasi Nilai Budaya

Melayu Pesisir dan Batak Pegunungan: Orientasi Nilai Budaya

Di dalam bukunya The Meassurement of Modernism (19..

Rp.60.000

Legitimasi Kekuasaan Pada Budaya Nias: Panduan Penelitian Arkeologi dan Antropologi

Legitimasi Kekuasaan Pada Budaya Nias: Panduan Penelitian Arkeologi dan Antropologi

Nias, merupakan salah satu pulau yang kaya dengan ..

Rp.70.000

Tags: Sosial, Hukum

Klik Chat Di Whats App