• Kepada Bung Karno; Kumpulan Puisi 1960-2014

Bagiku sajak ini adalah lambang hubunganku dengan pembaca. Karena itu, sajak atau puisi harus gampang dicerna dan dimengerti. Jadi, aku tidak memakai kata-kata yang sulit, melainkan kata-kata yang biasa yang selalu dipakai berkomunikasi. Bagiku puisi itu sulit dicerna, bahkan seperti tidak bermakna, karena hanya bentuk permainan kata-kata. Aku adalah orang realistis. Karena itu, nukilan kata-kata sajakku juga realistis.

Kutak perduli kalau ada yang mengatakan ini bukan kumpulan sajak bermutu, bukan puisi kelas wahid. Aku tidak perduli. Bagiku apa kata hatiku, apa kata pikiranku, apa kata-kata pesanku, dapat dimengerti pembaca dengan mudah. Bagiku itu sudah berarti karena makna untaian kata-kata dapat diterima atau diresapi kalau mungkin direnungkan lalu dicamkan dan ditularkan. Itulah aliranku. Bagiku kebebasan bentuk puisi sangat penting. Aku ingin bebas dan akan tetap bebas. Karena Bung Karno sudah berhasil membebaskan bangsa ini, bangsa Nusantara Indonesos menjadi Indonesia yang merdeka dari kuku kekejaman penjajah sejak 1602 hingga kini. Kenapa hingga kini? memang menurut keyakinanku hingga kini, kita masih dijajah oleh kekuasaan asing, walau disadari atau kurang disadari atau tidak mau menyadari, yakni oleh orang yang berebut kekuasaan menjadi pemimpin.

Sebab itu, kebesan adalah pandangan hidupku dan kucerminkan di dalam puisiku. Yang penting bagiku bahwa keinginanku ada manfaatnya yang dapat dipetik pembaca, untuk membangun kemanusiaan, persaudaraan, kesetaraan, cinta dan perdamaian. Para pendeklarasi, generasi muda dan pelanjut perjuangan bangsa hendaknya membangun nilai-nilai itu, karena revolusi belum selesai. (BAS)

Info Buku
ISBN 978-979-461-894-3
Dimensi 14,5x21 cm
Jenis Cover Softcover
Jenis Kertas Book paper
Berat 150 gr
Jumlah Halaman xvi+128
Tahun Terbit 2014
Penerbit Yayasan Pustaka Obor Indonesia

Tulis ulasan

Catatan: HTML tidak diterjemahkan!
    Jelek           Bagus

Kepada Bung Karno; Kumpulan Puisi 1960-2014

  • Penulis: Bungaran Antonius Simanjuntak
  • Ketersediaan: Tersedia
  • Rp.40.000


Produk Terkait

Cerita-cerita Timur

Cerita-cerita Timur

Kisah dalam kumpulan ini diangkat dari dongeng tim..

Rp.0

Malam

Malam

Malam, dengan cara penulisannya yang bersahaja men..

Rp.25.000

Sepuluh Meretas Batas: Kumpulan Puisi dan Cerita Pendek

Sepuluh Meretas Batas: Kumpulan Puisi dan Cerita Pendek

Sepuluh penulis senior bersepakat untuk b..

Rp.120.000

Tags: sastra

Klik Chat Di Whats App