• Kesehatan Ibu & Anak Orang Asli Papua

Peningkatan pelayanan kesehatan, khususnya pelayanan kesehatan ibu dan anak untuk Orang Asli Papua (OAP) di Provinsi Papua Barat perlu mendapat prioritas dalam pembangunan dan merupakan pemenuhan Hak Asasi Manusia (HAM). Pelayanan kesehatan ibu dan anak di provinsi ini menghadapi berbagai hambatan dan tantangan, baik berasal dari sisi penyedia layanan maupun dari sisi pengguna layanan (masyarakat OAP). 

Buku ini berisi kajian tentang hambatan dan tantangan pelayanan kesehatan ibu dan anak dari sisi penyedia dan pengguna serta alternatif strategi yang ditawarkan  untuk peningkatan pelayanan. Hambatan dari sisi penyedia layanan di antaranya adalah keterbatasan infrastruktur, sarana dan prasarana pendukung pelayanan, kondisi geografis wilayah,  serta keterbatasan tenaga kesehatan dari sisi kuantitas  dan kualitasnya.  Sedangkan tantangan dari sisi pengguna layanan (masyarakat OAP), termasuk adat/kebiasaan dan kondisi sosial-budaya terkait dengan perilaku kesehatan  yang terjadi sejak dari usia remaja, pada saat kehamilan,  saat persalinan, hingga masa menyusui. Berdasarkan analisis faktor yang menghambat  pemanfaatan pelayanan kesehatan ibu dan anak tersebut, direkomendasikan untuk menggunakan pendekatan dari hulu ke hilir dan siklus hidup untuk meningkatkan pelayanan. Intervensi program di sektor hulu ditujukan untuk mengatasi hambatan terkait dengan adat-istiadat dan sosial-budaya yang menjadi determinan pemanfaatan pelayanan kesehatan yang berasal dari pengguna. Sementara itu, intervensi program di sektor hilir  dilakukan untuk merespons hambatan terkait dengan keterbatasan yang berasal dari sisi penyedia layanan.

Buku ini penting dibaca bagi para pemangku kepentingan  atau pemerhati  permasalahan  terkait OAP, khususnya kesehatan ibu dan anak.

Info Buku
ISBN 978-602-433-882-4
Dimensi 14,5 x 21 cm
Jenis Cover Soft Cover
Berat 250 gram
Jumlah Halaman xviii + 238 hlm
Tahun Terbit 2020
Penerbit Yayasan Pustaka Obor Indonesia

Tulis ulasan

Catatan: HTML tidak diterjemahkan!
    Jelek           Bagus

Kesehatan Ibu & Anak Orang Asli Papua

  • Rp.85.000


Produk Terkait

Masa-masa awal Bahasa Indonesia

Masa-masa awal Bahasa Indonesia

Buku  ini memberikan pendangan baru ..

Rp.65.000

Pluralisme Hukum Waris dan Keadilan Perempuan

Pluralisme Hukum Waris dan Keadilan Perempuan

Konsep mengenai waris dan apa sebenarnya hukum wa..

Rp.130.000

Pengelolaan Sumber Daya Laut dan Hutan: Perspektif, Kebijakan, dan Aksi

Pengelolaan Sumber Daya Laut dan Hutan: Perspektif, Kebijakan, dan Aksi

Indonesia mempunyai sumber daya laut dan hutan ber..

Rp.90.000

Tags: Kesehatan Ibu & Anak Orang Asli Papua

Klik Chat Di Whats App