Pemasaran Sosial merupakan strategi pada aktivitas
non komersial yang bertujuan untuk memecahkan berbagai masalah sosial yang
terjadi di masyarakat. Konsep yang digunakan adalah teknik pemasaran dan
komunilasi sehingga dalam pelaksanaannya akan sangat memertimbangkan product, price, place, dan promotion serta
menggunakan teknik komunikasi yang tepat.
Keunggulan strategi ini sudah terbukti pada program
Keluarga Berencana, program BPJS, dan beberapa program kesehatan. Salah satunya
program kesehatan yang sukses menggunakan strategi ini adalah Program Obat
Generik yang menjadi fokus kajian dalam buku ini.
Produk obat generik selalu dikembangkan untuk
menjaga kualitas serta untuk memenuhi keinginan dan harapan khalayak. Produk
yang tadinya tidak dikemas dengan baik sekarang ini sudah dikemas seperti
obat-obat kemersial lainnya. Produk yang tadinya dibuat dalam bentuk tablet
atau kapsul. Harga obat generic jauh lebih murah dibandingkan obat komersial
sehingga lebih banyak khalayak yang bisa mengakses obat ini. Kalau dulu tempat
distribusinya hanya di Puskesmas dan rumah sakit pemerintah saat ini sudah bisa
diperoleh di apotik lain sehingga mudah diperoleh. Promosinya pun dilakukan
seperti promosi obat komersial. Dengan demikian kemampuan obat generik dalam memperbaiki
kesehatan masyarakat, khususnya kelas menengah ke bawah menjadi lebih sukses.
Info Buku | |
ISBN | 978-979-461-942-1 |
Dimensi | 14,5 x 21 cm |
Jenis Cover | softcover |
Jenis Kertas | Book Paper |
Berat | 220 Gram |
Jumlah Halaman | xx + 216 |
Penerbit | Yayasan Pustaka Obor Indonesia |
Social Marketing; Strategi Jitu Mengatasi Masalah Sosial di Indonesia
- Penulis: Wahyuni Pudjiastuti
- Ketersediaan: Tersedia
-
Rp.75.000