• Sekolah Publik vs Sekolah Privat: dalam Wacana Kekuasaan, Demokrasi, dan Liberalisasi Pendidikan

Buku ini merupakan hasil penelitian yang dilakukan di dua kota, yaitu Purwokerto dan Kupang. Setidaknya ada tiga hal yang dijelaskan dalam buku ini. Pertama, urgensi penjaminan mutu sekolah di era globalisasi. Kedua, definisi kualitas sekolah dari perspektif aktor-aktor yang terlibat dalam praktik pendidikan, yaitu pemerintah (negara), sekolah, siswa, dan masyarakat. Ketiga, menjelaskan bagaimana mekanisme kompetisi antarsekolah dalam kaitannya dengan proses peningkatan mutu sekolah.

 

Masalah menarik perhatian yang dibahas dalam buku ini ialah apa yang disebut sekolah berkualitas. Ternyata sekolah dapat merupakan “pusat kekuasaan” karena di-support antara lain oleh organisasi internasional, oleh arus globalisasi atau pengaruh kapitalisme yang memasuki dunia pendidikan.

H.A.R. Tilaar (Guru besar emeritus UNJ)

Buku ini menggambarkan bagaimana mekanisme kompetisi dalam praktik pendidikan nasional serta dampak yang ditimbulkan dari kompetisi tersebut. Buku ini juga mencoba menggambarkan bagaimana konsep tentang kualitas sekolah menurut perspektif yang berbeda. Apa yang disampaikan dalam buku ini akan dapat menambah wawasan dan pemahaman kita akan persepsi tentang mutu sekolah dari berbagai kepentingan dan mengapa terjadi distorsi. Bagi kepala sekolah, apa yang dipaparkan dalam buku ini bisa memberikan masukan berharga tentang bagaimana menjadikan sekolahnya sebagai sekolah berkualitas seperti yang diinginkan masyarakat dan amanat bangsa.

Satria Dharma (Ikatan Guru Indonesia)

Info Buku
ISBN 978-602-433-443-7
Dimensi 14,5 x 21 cm
Jenis Cover soft cover
Jenis Kertas book paper
Berat 260 gram
Jumlah Halaman xx + 244 hlm
Tahun Terbit 2017

Tulis ulasan

Catatan: HTML tidak diterjemahkan!
    Jelek           Bagus

Sekolah Publik vs Sekolah Privat: dalam Wacana Kekuasaan, Demokrasi, dan Liberalisasi Pendidikan

  • Rp.75.000


Tags: Sekolah, Publik, Privat, Wacana, Kekuasaan, Demokrasi, Liberalisasi, Pendidikan