Historiografi
yang berkembang di era keterbukaan seperti yang terjadi saat ini telah membuka
lebar peluang versi-versi yang berbeda tentang suatu peristiwa sejarah. Hal ini
berpotensi menimbulkan beberapa kemungkinan dalam masyarakat. Pertama, kecenderungan perubahan pola pikir dari masyarakat itu
menjadi lebih dewasa. Akan
tetapi, ada pula kecenderungan yang bertolak belakang dengan kemungkinan
pertama: adanya kebingungan di kalangan masyarakat. Kecenderungan ini muncul
karena selama ini masyarakat hanya diperkenalkan dengan satu
realitas tunggal dan belum terbiasa dengan pemikiran-pemikiran alternatif. Permasalahan ini
sungguh menjadi satu hal yang dilematis, sehingga
diperlukan suatu upaya untuk mengubahnya.
Salah satu upaya
memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang beragam kontroversi dalam
sejarah dapat dilakukan melalui pelaksanaan pembelajaran sejarah kontroversial.
Akan tetapi, upaya untuk mengajarkan sejarah kontroversial masih
merupakan hal yang relatif baru, terutama pada materi-materi kontroversial yang muncul setelah reformasi.
Oleh karena itu,
buku ‘Sejarah Kontroversial di Indonesia: Perspektif Pendidikan’ ini hadir
sebagai sebuah kajian ilmiah tentang bagaimana relevansi dan seluk beluk
sejarah kontroversial ditinjau dari konteks pendidikan. Buku ini mencoba untuk
menganalisis pelaksanaan pembelajaran sejarah kontroversial secara lebih
mendalam, sehingga mampu memberikan gambaran bagi ilmuwan dan praktisi
pendidikan sejarah untuk menumbuhkan kesadaran kritis peserta didik.
Buku ‘Sejarah
Kontroversial di Indonesia: Perspektif Pendidikan’ menguraikan secara filosofis
tentang anatomi sejarah kontroversial di Indonesia serta urgensi dan tujuan
pembelajaran sejarah kontroversial. Kemudian diuraikan pula tentang berbagai kepentingan
dalam pendidikan sejarah yang menjadi hambatan pembelajaran sejarah
kontroversial. Buku ini juga menguraikan tentang bagaimana potensi pembelajaran
sejarah kontroversial sebagai media rekonsiliasi konflik serta strategi
penerapannya dalam praksis pembelajaran di dalam kelas dengan menggunakan
pendekatan pedagogik kritis.
Info Buku | |
ISBN | 978-979-461-891-2 |
Dimensi | 14,5 x 21 cm |
Jenis Cover | Soft Cover |
Jenis Kertas | Book Paper |
Berat | 250 |
Jumlah Halaman | xviii +262 |
Penerbit | Yayasan Pustaka Obor Indonesia |
Sejarah Kontroversial Di Indonesia; Perspektif Pendidikan
- Penulis: Tsabit Azinar Ahmad
- Ketersediaan: Tersedia
-
Rp.75.000
Produk Terkait
Tags: Sejarah