• Otobiografi Jatna Supriatna : Jejak Selusur Seorang Petualang, Pendidik, dan Wiraswasta Perikehidupan Alam

Saya mengenal dekat Prof. Jatna Supriatna sejak beliau dikukuhkan sebagai anggota Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia. Kami banyak sekali berinteraksi dalam forum ilmiah maupun kegiatan sosial. Di samping itu kami berdua juga menjadi anggota Majelis Wali Amanah Universitas Indonesia 2014-2019. Kami bekerja sama bahu-membahu untuk menjadikan Universitas Indonesia sebagai kampus unggulan yang berwibawa. Dalam keseharian Prof. Jatna menunjukkan konsistensi dalam bersikap dan memegang teguh prinsip. Keahlian beliau mengharuskan melakukan petualangan ke hutan maupun pedalaman untuk menemukenali spesies baru. Sesuai judul otobiografi ini, Prof. Jatna memang mempunyai kemampuan yang komplit, yaitu sebagai petualang, pendidik, dan wiraswasta yang handal.


Prof Dr. Satryo Soemantri Brodjonegoro

Ketua Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia


Sangat jarang di antara dosen Biologi FMIPA UI yang mau terjun ke lapangan dari mulai masa muda sampai sekarang. Saya menjumpai dosen petualang yang berlama-lama tinggal di hutan itu pada diri Prof. Jatna Supriatna. Saya telah mengenal beliau sejak lama, sejak saya menjadi dosen muda di Geografi, tetapi baru mulai banyak bergaul dan mengenal lebih dekat setelah beliau banyak membantu saya mengembangkan fakultas. Saya menghimpun beberapa dosen termasuk Prof. Jatna yang mempunyai wawasan luas untuk membantu saya dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan dan penelitian pada era persaingan ketat di tingkat global. Dalam masa pengabdiannya selama lebih dari 40 tahun, Prof. Jatna telah menulis lebih sari seratus karya ilmiah internasional yang tentu mengharumkan nama FMIPA UI. Saya sangat terbantu dengan kehadiran beliau selama ini, sehingga kerja sama kami dengan universitas di dalam dan luar negeri meningkat tajam. Selain itu juga beliau membawa teman-teman dosen dari luar negeri untuk dapat membina dosen dan mahasiswa pascasarjana kami. Kerja sama double degree dengan beberapa di luar negeri sudah mulai terbentuk dan diharapkan dapat meningkat lagi di masa yang akan datang.

Saat ini beliau menjabat Ketua Lembaga Sains Terapan (LST) FMIPA UI yang dibentuk 3 tahun lalu. Sejak dibentuk sampai sekarang beliau dipercaya sebagai ketua, lembaga ini membawahi semua pusat-pusat penelitian dan pengembangan di FMIPA UI. Dalam waktu relatif singkat perkembangan ini maju pesat, beliau telah mensejajarkan lembaga ini dengan lembaga-lembaga sejenis di Universitas Indonesia yang sudah berdiri puluhan tahun. Selain itu LST juga masuk dalam rangking 5 besar lembaga di UI baik secara besaran yang sangat luas, diceritakan di dalam buku ini, memang pantas beliau terus membantu FMIPA agar ke depan lebih mumpuni lagi.


Dr. Rokhmatuloh, M. Eng

Pejabat Dekan FMIPA-Universitas Indonesia

Info Buku
ISBN 978-623-321-099-7
Dimensi 14,5 x 21 cm
Jenis Cover Soft Cover
Jenis Kertas Bookpaper
Berat 450 gram
Jumlah Halaman xx + 448 hlm
Tahun Terbit 2021
Penerbit Yayasan Pustaka Obor Indonesia

Tulis ulasan

Catatan: HTML tidak diterjemahkan!
    Jelek           Bagus

Otobiografi Jatna Supriatna : Jejak Selusur Seorang Petualang, Pendidik, dan Wiraswasta Perikehidupan Alam

  • Rp.160.000


Produk Terkait

Penuaan Penduduk Tiongkok dan Perkembangan Industri Perawatan Geriatri

Penuaan Penduduk Tiongkok dan Perkembangan Industri Perawatan Geriatri

Tiongkok memiliki populasi lansia terbesar di duni..

Rp.85.000

Kisah Hidup Haji Bustamam Pendiri Restoran Sederhana

Kisah Hidup Haji Bustamam Pendiri Restoran Sederhana

Kisah sukses Restoran Sederhana dan Haji Bust..

Rp.130.000

Pengelolaan Lingkungan Berkelanjutan

Pengelolaan Lingkungan Berkelanjutan

Perkembangan dunia dewasa ini sungguh mengkhawatir..

Rp.210.000

Tags: Otobiografi Jatna Supriatna : Jejak Selusur Seorang Petualang, Pendidik, dan Wiraswasta Perikehidupan Alam

Klik Chat Di Whats App