• Metode dan Kajian Konservasi Biodiversitas Indonesia

Sejak dicanangkan dalam Konvensi PBB hampir tiga dasawarsa yang lalu, pengelolaan biodiversitas dengan segala peluang dan tantangannya selalu menarik perhatian. Selama itu muncul juga pemahaman dan tata cara baru yang perlu disampaikan secara jelas kepada masyarakat dan pemangku kepentingan dalam urusan keanekaragaman hayati. Buku ini adalah rujukan yang tepat untuk memahami rentang lebar biodiversitas dari genetika hingga ekosistem. Prof. Jatna Supriatna didukung teman-temannya yang sangat beragam dan kaya informasi telah memetakan persoalan ini secara cermat disertai contoh-contoh konkret.


Prof Daniel Murdiyarso, Ph.D., Ketua Komisi Ilmu Pengetahuan Dasar, Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia.



Metode standar sangat penting untuk diketahui peneliti dalam bidang apa pun. Begitu juga dengan istilah kajian dari suatu masalah yang merupakan state of the art dari permasalahan yang sedang berkembang saat ini. Jadi, judul buku yang disajikan oleh Prof. Jatna Supriatna kali ini adalah langsung kepada jantung permasalahan biodiversitas di Indonesia, yaitu Metode dan Kajian Biodiversitas di Indonesia. Beliau mengajak puluhan akademisi, pegiat, dan pakar biodiversitas untuk menulis dalam bab-bab yang telah dirancang dengan baik dan diantarkan oleh leader dalam bidang tersebut. Metode yang umum dipakai dalam meneliti sesuatu apalagi biodiversitas tentu akan sangat mumpuni bila diberikan oleh pakar dalam bidang tersebut. Saya sangat salut dengan ide-ide cemerlang dalam buku ini. Semoga buku ini dapat menjadi acuan peneliti di berbagai kampus perguruan tinggi dan juga pusat-pusat riset dalam bidang biodiversitas di Indonesia.


Prof. Dr. nat rer. Abdul Haris, Wakil Rektor 1 Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Universitas Indonesia.



Keanekaragaman hayati adalah anugerah terbesar yang dimiliki oleh Bangsa Indonesia. Oleh karena itu, sudah sepantasnya kita turut mengkaji dan meneliti, memanfaatkannya secara  bijak serta melestarikannya agar generasi mendatang juga  dapat memperoleh manfaatnya seperti yang sekarang kita rasakan. Hal tersebut dapat terwujud, salah satunya, jika kita memiliki sumber data dan ilmu berupa buku yang dapat digunakan sebagai acuan dalam mengembangkan kajian dan metode, khususnya di bidang lingkungan dan konservasi yang menyeluruh di Indonesia. Konsorsium Biologi Indonesia (KOBI) sebagai salah satu asosiasi Program Studi terbesar di bidang Biologi yang memiliki anggota tersebar di seluruh Indonesia, menyambut baik terbitnya buku yang masih langka ini dan diharapkan buku ini dapat menjadi acuan, khususnya oleh para dosen, mahasiswa serta peneliti  dalam mengembangkan kajian dan metode penelitian  keanekaragaman hayati di Indonesia. 


Prof. Dr. Budi Setiadi Daryono, Ketua Konsorsium Biologi Indonesia (KOBI) dan Dekan Fakultas Biologi, Universitas Gadjah Mada

Info Buku
ISBN 978-623-321-069-0
Dimensi 16 x 24 cm
Jenis Cover Soft Cover
Jenis Kertas Bookpaper
Berat 900 gram
Jumlah Halaman xxxiv + 778 hlm
Tahun Terbit 2021
Penerbit Yayasan Pustaka Obor Indonesia

Tulis ulasan

Catatan: HTML tidak diterjemahkan!
    Jelek           Bagus

Metode dan Kajian Konservasi Biodiversitas Indonesia

  • Rp.280.000


Produk Terkait

Konsepku Mensukseskan Otonomi Daerah: Membangun Indonesia Berkeadilan Sosial-Ekonomi

Konsepku Mensukseskan Otonomi Daerah: Membangun Indonesia Berkeadilan Sosial-Ekonomi

Ternyata terdapat hubungan korelatif yang kua..

Rp.80.000

Melindungi Negara

Melindungi Negara

Dalam buku ini, penulis mengajak pembaca untuk mem..

Rp.125.000

Anak Jakarta Barat di Australia Barat; Tidak Ada yang namanya Kebetulan

Anak Jakarta Barat di Australia Barat; Tidak Ada yang namanya Kebetulan

Mungkin kita sering membandingkan diri dan merasa ..

Rp.60.000

Tags: Metode dan Kajian Konservasi Biodiversitas Indonesia, Jatna Supriatna

Klik Chat Di Whats App