• Memajukan Logistik Indonesia yang Berdaya Saing

Logistik dapat menentukan maju mundurnya perekonomian suatu negara. Negara yang memiliki indikator kinerja logistik yang tinggi, kecenderungannya memiliki pertumbuhan ekonomi dan kualitas pembangunan yang tinggi pula. Peran logistik tidak hanya terbatas dalam memberikan kontribusi pada level makroekonomi saja seperti peningkatan pendapatan nasional, pertumbuhan ekonomi, perluasan dan penciptaan kesempatan kerja, serta investasi dan perdagangan, melainkan juga mampu mendongkrak produktivitas sekaligus meningkatkan kekuatan daya saing perusahaan pada level mikroekonomi.

Saat ini, kondisi logistik Indonesia terus mengalami perbaikan. Hal ini ditunjukkan dengan peringkat logistic performance index (LPI) Indonesia yang mengalami tren perbaikan. Di tahun 2018 LPI Indonesia menempati peringkat ke-46 atau naik dibandingkan tahun sebelumnya yang menempati peringkat ke-63. Upaya perbaikan sektor logistik ini sudah dilakukan sejak lama dilakukan, di mana pemerintah telah memiliki kebijakan untuk membangun sistem logistik nasional yang efektif dan efisien serta dapat meningkatkan daya saing dan biaya yang kompetitif dengan dikeluarkannya Peraturan Presiden (Perpres) No. 26 Tahun 2012 tentang Cetak Biru Pengembangan Sistem Logistik Nasional. Paling akhir, pemerintah juga telah mengeluarkan paket kebijakan ekonomi yang ke-15 yang difokuskan pada perbaikan sistem logistik nasional. 

Dalam upaya memajukan logistik Indonesia yang berdaya saing, enam komponen LPI yang terdiri dari efficiency of custom clearance, infrastructure quality, ease of arrangement shipments, quality and competence of logistic services, ability to track and trace consignments, timeliness of deliveries mutlak untuk diperhatikan. Dalam pelaksanaannya juga harus memberikan penguatan manajemen rantai pasokan (supply chain) agar arus perpindahan barang, arus informasi, dan arus finansial dapat berlangsung secara aman, efektif, dan efisien.

Info Buku
ISBN 978-602-433-978-4
Dimensi 15.5 x 23 cm
Jenis Cover Soft Cover
Jenis Kertas Bookpaper
Berat 300 gram
Jumlah Halaman xii + 216 hlm
Tahun Terbit 2020
Penerbit Yayasan Pustaka Obor Indonesia

Tulis ulasan

Catatan: HTML tidak diterjemahkan!
    Jelek           Bagus

Memajukan Logistik Indonesia yang Berdaya Saing

  • Rp.95.000


Produk Terkait

Metodologi Penelitian Sosial dan Hukum

Metodologi Penelitian Sosial dan Hukum

Buku tentang metode penelitian sudah banyak dituli..

Rp.95.000

Optimalisasi dan Penguatan Perpajakan Indonesia

Optimalisasi dan Penguatan Perpajakan Indonesia

Pelemahan ekonomi global dan pandemi Covid-19 memp..

Rp.90.000

Tags: Memajukan Logistik Indonesia yang Berdaya Saing

Klik Chat Di Whats App