• Konservasi Mangrove dan Kesejahteraan Masyarakat

Ekosistem hutan mangrove (EHM) memiliki keterkaitan fungsi yang sangat signifikan bukan hanya bagi masyarakat pesisir, melainkan juga bagi masyarakat non-pesisir.  EHM  memiliki berbagai fungsi yang sangat bermanfaat, misalnya, sebagai habitat berbagai biota laut yang bersifat ekonomis dan ikut berperan sebagai wahana proteksi masyarakat pesisir dan non-pesisir dari terpaan badai.  Bahkan,   masih banyak manfaat dari EHM yang belum diketahui masyarakat,  umpamanya, buah mangrove, dapat dijadikan makanan, obat, dan sirup.  

Melihat begitu multifungsinya EHM bagi masyarakat banyak,  sudah seharusnya  kita bahu-membahu berperan serta menjaga EHM. Sayangnya, perhatian pemerintah pada  ekosistem hutan mangrove tidak sebesar perhatian pemerintah pada kawasan hutan secara umum. Indonesia  memiliki  ekosistem hutan mangrove  seluas 3.6 juta hektar dengan kondisi masih baik.  Sementara itu,  luas ekosistem hutan mangrove (EHM) di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sampai 2013 mencapai 117.229,29 hektar. Kondisi kekinian mangrove di Kabapaten Belitung masih relatif terjaga,  sementara  kondisi mangrove di Kabupaten Bangka  rusak parah, akibat kegiatan penambangan timah legal dan ilegal.

Buku yang  berjudul Konservasi Mangrove dan Kesejahteraan Masyarakat ini  merupakan hasil penelitian pada 2012, 2013, dan 2014 di Kabupaten Belitung dan Bangka Barat. Berisi sembilan tulisan yang dibahas oleh para ahli yang memiliki integritas  tinggi dengan latar belakang keilmuan dari berbagai perguruan tinggi ternama dalam dan luar negeri.

Buku ini  memberikan proses pembelajaran yang sangat bermanfaat untuk menambah khazanah pengetahuan dan keilmuan dalam  mengonservasi suatu ekosistem mangrove dengan mengedepankan nilai-nilai kearifan lokal yang telah menjadi aset masyarakat secara turun-temurun. Semoga Buku ini bermanfaat bagi  para pembaca .

 

Info Buku
ISBN 978-979-461-993-3
Dimensi 14,5x21
Jenis Cover softcover
Jenis Kertas Book Paper
Berat 280 g
Jumlah Halaman xxii + 280
Tahun Terbit 2016
Penerbit Yayasan Pustaka Obor Indonesia

Tulis ulasan

Catatan: HTML tidak diterjemahkan!
    Jelek           Bagus

Konservasi Mangrove dan Kesejahteraan Masyarakat

  • Penulis: Rober Siburian dan Jonh Haba (Ed)
  • Ketersediaan: Tersedia
  • Rp.90.000


Produk Terkait

Penduduk Miskin Transient: Masalah Kemiskinan yang Terabaikan

Penduduk Miskin Transient: Masalah Kemiskinan yang Terabaikan

Kemiskinan dalam arti ekonomi yaitu ketidakmam..

Rp.190.000

Student Soldiers; A Memoir of the Battle that Sparked Indonesia’s National Revolution

Student Soldiers; A Memoir of the Battle that Sparked Indonesia’s National Revolution

Hario Kecik’s diary is without peer in Indonesian ..

Rp.75.000

Tags: Lingkungan Hidup

Klik Chat Di Whats App