• Karawang dalam Lintasan Peradaban. Seri pertama monografi workshop-penelitian 2015

Karawang sudah dihuni manusia sejak ribuan tahun yang lalu. Diawali ketika para leluhur pendukung budaya Neolitik mendatangi danmenghuninya, untuk kemudian berkembang dalam perjalanan waktu ke masa sekarang. 

Kondisi geografi menjadi faktor penting pendukung hunian berkelanjutan. Pantai yang landai di pesisir utara ibarat pintu lebar yang memudahkan para pendatang memasuki Karawang. Dataran yang luas di utara dan barisan pegunungan di selatan merupakan perpaduan lingkungan yang menyediakan sumber daya biotic dan abiotik bagi kehidupan. Pegunungan pun senantiasa mengalirkan air ke dataran hingga menjadikan lahan subur bagi pertanian.

Monografi seri pertama ini memaparkan sejarah kehidupan dan perkembangan peradaban di Karawang dalam latar belakang geografi itu. Bukti-bukti arkeologi memperlihatkan tonggak-tonggak peradaban yang mengisi sejarah hunian di wilayah ini. Diawali dengan kedatangan leluhur pertama yang agaknya bertutur Bahasa Austroasiatik dari Asia Tenggara Daratan untuk kemudian didatangi Penutur Austronesia dari Taiwan. Budaya pendatang lambat-laun mendominasi hingga semakin komplek, sseiring masuknya pengaruh budaya logam di sekitar awal Masehi. Seiring dengan itu masuk pula pengaruh Hindu-Buddha, dan kemudian pengaruh Islam dan kolonial. Rangkaian pengaruh luar yang berpadu dengan evolusi lokal akhirnya menghantarkan Karawang pada peradaban modern sekarang dengan tradisi-tradisi asli yang masih bertahan di Desa Medalsari dan beberapa desa lainnya, walaupun semakin tergerus oleh gempuran modernisasi-globalisasi. 

Info Buku
ISBN 978-602-433-425-3
Dimensi 16 x 24 cm
Jenis Cover softcover
Jenis Kertas HVS
Berat 460 gram
Jumlah Halaman xxxviii + 242 hlm
Tahun Terbit 2017

Tulis ulasan

Catatan: HTML tidak diterjemahkan!
    Jelek           Bagus

Karawang dalam Lintasan Peradaban. Seri pertama monografi workshop-penelitian 2015

  • Rp.140.000
  • Rp.126.000


Tags: Sejarah, Sosial, Budaya, Antropologi, Arkeologi