• Setelah Algoritma: Media Baru dan Perubahan Sosial di Indonesia

Runtuhnya rezim Soeharto pada 1998 membuka jalan bagi demokratisasi dan akses luas masyarakat Indonesia terhadap media baru. Perpaduan keterbukaan informasi dan teknologi ini melahirkan beragam praktik dan pemaknaan sosial budaya yang menarik untuk ditelisik. Tulisan-tulisan hasil kolaborasi peneliti BRIN ini, menyoroti bagaimana media baru bukan hanya berfungsi sebagai alat, melainkan juga berpengaruh dan dipengaruhi oleh dinamika sosial yang kompleks.

Karya ini menyajikan potret kaya tentang interaksi antara media baru dan masyarakat Indonesia kontemporer. Mulai dari kelompok penggemar sepak bola yang menggunakannya untuk memperluas imajinasi, hingga komunitas yang berupaya melestarikan budaya tradisional. Temuan di dalamnya juga menguji anggapan bahwa media baru menggerus lokalitas, karena perangkat teknologi dapat mengamplifikasi identitas lokal hingga untuk memobilisasi politik. 

Buku ini dapat menjadi referensi berharga bagi akademisi maupun masyarakat umum yang ingin memahami fenomena sosial budaya di Indonesia yang terus berkembang di tengah era digital.

Info Buku
ISBN 978-623-321-305-9
Dimensi 14,5 x 21 cm
Jenis Cover Soft Cover
Jenis Kertas Bookpaper
Berat 350 gram
Jumlah Halaman xviii + 370 hlm
Tahun Terbit 2024
Penerbit Yayasan Pustaka Obor Indonesia

Tulis ulasan

Catatan: HTML tidak diterjemahkan!
    Jelek           Bagus

Setelah Algoritma: Media Baru dan Perubahan Sosial di Indonesia

  • Rp.160.000


Produk Terkait

Jalan Tak ada Ujung

Jalan Tak ada Ujung

Jakarta selama bulan-bulan setelah Proklamasi Keme..

Rp.55.000

Mitos-Mitos dalam Hikayat AbdulKadir Jailani

Mitos-Mitos dalam Hikayat AbdulKadir Jailani

Nama Abdulkadir Jailani dikenal penulis sejak ia m..

Rp.30.000

Kitab Kritik Sastra

Kitab Kritik Sastra

Di tengah kerontang penerbitan buku kritik sastra,..

Rp.140.000

Tags: Setelah Algoritma: Media Baru dan Perubahan Sosial di Indonesia

Klik Chat Di Whats App