• Perjalanan Seorang Diplomat Menyusuri Jalur Sutera

Buku berjudul “Perjalanan Seorang Diplomat: MENYUSURI JALUR SUTERA merupakan kumpulan artikel tentang berbagai aspek di negara-negara ‘Stan’ Asia Tengah. Isi buku dikelompokkan menjadi 7 (tujuh) bagian, yaitu: Diplomasi, Penugasan di Perwakilan, Pengamatan Wilayah Akreditasi, Perkembangan Sosial & Politik, Konflik Internal & Eksternal, Sejarah & Kebudayaan, Tradisi Usang & Fenomena Alam.

 

Pada artikel ‘Asia Tengah Laksana Gadis Nan Sexy’ dikupas tentang wilayah Asia Tengah yang sejak dahulu menjadi ajang perebutan antara negara-negara besar: antara Kerajaan Inggris dengan Kekaisaran Tsar Rusia pada abad ke-19, untuk mengincar tempat persimpangan (cross-road) yang menghubungkan daratan Asia dan Eropa.

 

Persaingan memperebutkan wilayah pengaruh (sphere of influence) kembali berkobar setelah Uni Soviet bubar dan negara-negara Asia Tengah menjadi negara merdeka, kali ini persaingan berlangsung antara AS, Rusia dan China, yang mengincar kandungan sumber alam terutama minyak dan gas yang  melimpah di wilayah tersebut.

 

Perkembangan Sosial-Politik mengarah ke pergantian kekuasaan, baik yang berlangsung damai maupun dengan jalan kekerasan melalui ‘people’s power’. Suksesi kepemimpinan di Uzbekistan dan Turkmenistan berjalan aman karena penguasa lama meninggal dunia, namun di Kyrgyzstan dan Kazakhstan terjadi kerusuhan massal yang bermula dari ketidakpuasan rakyat terhadap pemerintahnya.

 

Dua negara ‘Stan’ di luar Asia Tengah, Pakistan dan Afghanistan, tidak kalah menariknya. Di Pakistan, pergantian kekuasaan lebih sering dalam suasana panas baik melalui Pemilu maupun dengan cara kudeta militer. Di Afghanistan, penguasa baru Taliban yang menggantikan pemerintahan boneka AS tidak berjalan mulus, mengingat akses berbagai pendanaan baik dari aset Bank miliknya di AS, maupun dana bantuan dari IMF, EU dan NATO dibekukan.

 

Napak tilas kebesaran Uzbekistan dan Asia Tengah pada umumnya disajikan dalam artikel ‘Uzbekistan Sumber Peradaban Dunia’ dan ‘Dua Sisi Coin Uzbekistan’. Artikel menarik lainnya, yaitu: ‘Mengenal Gerbang Neraka Darvaza’ dan ‘Laut Aral Mengering Menjadi Gurun Pasir’ merupakan fenomena alam dan ‘man-made disaster’ yang diwarisi oleh masyarakat di wilayah Asia Tengah dari nenek-moyangnya yang kurang bijak dalam mengelola alam.  

Info Buku
ISBN 978-623-321-215-1
Dimensi 14.5 x 21 cm
Jenis Cover Soft Cover
Jenis Kertas Bookpaper
Berat 400 gram
Jumlah Halaman xxxvi + 410 hlm
Tahun Terbit 2023
Penerbit Yayasan Pustaka Obor Indonesia

Tulis ulasan

Catatan: HTML tidak diterjemahkan!
    Jelek           Bagus

Perjalanan Seorang Diplomat Menyusuri Jalur Sutera

  • Rp.160.000


Produk Terkait

Transisi Demokrasi Di Eropa Timur; Baltik, Jerman Timur, Rumania, dan Balkan

Transisi Demokrasi Di Eropa Timur; Baltik, Jerman Timur, Rumania, dan Balkan

Dalam sejarah tercatat, di wilayah Eropa Barat, Te..

Rp.75.000

Peran Serta Pekerja dalam Pengelolaan Perusahaan

Peran Serta Pekerja dalam Pengelolaan Perusahaan

"Co-determination" atau turut menentukan berarti b..

Rp.35.000

Tags: Perjalanan Seorang Diplomat Menyusuri Jalur Sutera

Klik Chat Di Whats App