• MIKOLOGI : Dasar dan Terapan (Edisi Revisi)

Biodiversitas mendapat perhatian besar dari para ilmuwan di seluruh dunia, begitu pula di Indonesia. Indonesia adalah Negara yang unik lingkungannya, dan tentunya juga unik penghuni alamnya, antara lain terdapatnya mikroorganisme. Setelah Convention on Biological Diversity ditandatangani pada tahun 1992, maka penelitian mengenai diversitas hayati di hampir seluruh dunia gencar dilakukan, begitu pula di Indonesia.

Di bidang mikrobiologi masih banyak sekali mikroorganisme yang belum diketahui, belum diisolasi, belum diidentifikasi, belum diteliti potensinya, belum dimanfaatkan, belum dilestarikan. Fungi hanya merupakan bagian kecil dari dunia mikroorganisme secara keseluruhan, akan tetapi peran mereka dalam hidup kita sangat penting.

Sehubungan jumlah mikologiwan di Indonesia masih sedikit sekali, maka informasi mengenai fungi perlu sekali disampaikan, agar, terutama pada generasi muda, timbul minat mau meneliti dunia fungi tersebut. Buku ini ditujukan untuk para pemula. Untuk itu diperlukan pengetahuan dasar terlebih dahulu, baru kemudian disampaikan informasi peran fungi dalam kehidupan makhluk hidup lainnya.

Dalam Bab I dibahas secara singkat apa fungi itu sebenarnya. Dalam Bab II dibahas mengenai morfologi dan anatomi fungi, kemudian dalam Bab III dibahas mengenai metabolism fungi agar lebih dapat diketahui mengenai apa saja yang terjadi dalam sel fungi yang hidup dan nutrien apa saja yang diperlukannya. Dalam Bab IV dibahas mengenai pertumbuhan fungi sesudah mengambil nutrien dari lingkungan. Sesudah fungi tumbuh menjadi koloni, fungi akan melakukan reproduksi. Hal tersebut dibahas dalam Bab V, dan untuk mengenal kelompok-kelompok fungi, dalam Bab VI dibahas sistematika fungi.

Peran fungi dalam kehidupan kita dibahas dalam bab-bab berikutnya, antara lalin Fungi dan Kesehatan, Fungi dan Lingkungan, Fungi dan Deteriorasi Bahan, Fungi dan Industri, dan Pembudidayaan Cendawan (Bab VII, VIII, IX, X, dan XI).

Agar para pemula dapat melakukan isolasi sendiri dari alam, dalam Bab XII diberikan beberapa cara isolasi. Selanjutnya apabila sudah mendapatkan isolat-isolat, maka cara pemeliharaannya dapat dibaca di Bab VIII.

Para peminat mikologi yang ingin mendalami pengetahuan tentang fungi dianjurkan membaca glosari dan daftar acuan atau daftar pustaka, sebab hasil penelitian diversitas fungi telah dilakukan di FMIPA Universitas Indonesia, dan perlu digali lebih mendalam, tercantum dalam buku ini. Antara lain dapat disebutkan penelitian fungi laut, fungi mangrove, dan fungi endofit dari tumbuhan mangrove.

.

Info Buku
ISBN 978-979-461-875-2
Dimensi 16x24 cm
Jenis Cover Softcover
Jenis Kertas HVS
Berat 400 g
Jumlah Halaman xii + 242 halaman
Tahun Terbit 2014
Penerbit YOI

Tulis ulasan

Catatan: HTML tidak diterjemahkan!
    Jelek           Bagus

MIKOLOGI : Dasar dan Terapan (Edisi Revisi)

  • Penulis: Indrawati Gandjar Roosheroe, Wellyzar Sjamsuridzal
  • Ketersediaan: Tersedia
  • Rp.140.000


Produk Terkait

Menyelamatkan Sisa Hutan

Menyelamatkan Sisa Hutan

WRI adalah sebuah pusat penelitian kebijakan yang ..

Rp.29.500

Situs Keramat Alami

Situs Keramat Alami

Buku Situs Keramat Alami Peran Budaya dalam Konser..

Rp.180.000

The Origin of Species (cetak ulang ke 3)

The Origin of Species (cetak ulang ke 3)

Lebih dari 150 tahun lewat sudah sejak Charles Dar..

Rp.200.000

Tags: Biodiversitas, mikroorganisme, nature, indonesia, Indrawati Gandjar Roosheroe, Wellyzar Sjamsuridzal

Klik Chat Di Whats App