• Legalitas dan Legitimasi Surat Keterangan Tanah

Buku ini mengkaji sejumlah perkara pertanahan di Indonesia yang ditelaah dari aspek legalitas dan legitimasi, termasuk dari aspek jaminan tenurial security. Titik awal pembahasannya adalah dari perkara pertanahan yang mengandalkan Surat Keterangan Kepala Desa (SKD) atau Surat Keterangan Tanah (SKT) sebagai dokumen bukti penguasaan tanah untuk menjamin hak atas penguasaan-pemanfaatan tanah. Padahal, menurut hukum negara ini, sertipikat merupakan surat tanda bukti hak  yang berlaku sebagai alat pembuktian yang kuat dan sah serta diakui dalam peraturan perundang-undangan sebagai dokumen yang sah untuk menjelaskan mengenai data fisik dan data yuridis yang termuat di dalamnya. Namun, karena hakim berusaha memahami hukum serta keadilan yang hidup dalam masyarakat, hakim akhirnya menguatkan legalitas-legitimasi SKD/SKT sebagai tanda bukti hak atas kepemilikan tanah. 


Selain itu, buku ini juga ingin merefleksikan betapa pentingnya tata kelola administrasi arsip pertanahan di tingkat desa. Dengan merapikan administrasi perekaman data di desa menjadi lebih mutakhir, yang menitikberatkan pada perekaman secara digital, maka akses publik kepada data tanah di desa menjadi lebih mudah. Basis data pertanahan yang berisi data akurat tentang tanah di desa ini, selain lebih mudah diakses, juga dapat menjadi basis studi bagi siapapun yang membutuhkan, baik praktisi pertanahan, akademisi, termasuk para pembuat kebijakan. 


Sistem administrasi semacam ini, tentu tidak dimulai dari ketiadaan karena desa pada prakteknya sudah memiliki data tentang tanah. Hanya saja, data tersebut perlu dirapikan dan dibentuk secara digital. Dengan mengembangkan secara inklusif dan melibatkan semua stakeholder, maka desa bisa menjadi basis wilayah bagi pengembangan sistem ini. 


Yang lebih penting lagi, informasi tentang riwayat tanah di desa, atau basis data tentang bidang tanah, bisa menjadi data awal yang harus dirawat dan diperhatikan, karena catatan desa adalah dasar pijakan, serta menjadi dasar pembuktian atas penguasaan tanah. Oleh karena itu, jika catatan desa saat ini tidak akurat, maka langkah yang diambil bukan menyingkirkan, namun merapikan. Selain database tentang riwayat tanah, pengakuan secara sosial dari berbagai pihak yang berhubungan dengan tanah, bisa menjadi penegas, bahwa kepemilikan tanah sudah legitim dan telah memenuhi dua aspek dalam formalisasi tanah, yaitu aspek legalitas dan aspek legitimasi. Pemenuhan dua aspek itu membuat validitas kepemilikan tanah menjadi lebih solid.


Bagi para praktisi pertanahan dan para akademisi bidang pertanahan, apa yang dibahas dalam buku ini menjadi amat penting dibaca. Mengapa demikian? Karena buku ini memperlihatkan bagaimana surat yang dibuat oleh seorang Kepala Desa diakui keberadaannya oleh lembaga yudikatif dan membuktikan bahwa lembaga yudikatif telah mengesahkan pemenuhan dimensi legalitas dan legitimasi dalam dokumen SKD/SKT secara praktis. Selain itu, buku ini menampilkan analisis berbagai perkara pertanahan di Indonesia dari tiga peradilan, yaitu perdata, pidana dan tata usaha negara, dengan menggunakan pendekatan normatif dan empiris - socio legal studies. Pendekatan semacam ini masih jarang dilakukan oleh akademisi dan terutama praktisi pertanahan di Indonesia.

Info Buku
ISBN masih dalam proses
Jenis Cover Soft Cover
Jenis Kertas Bookpaper
Jumlah Halaman xii + 304 hlm
Tahun Terbit 2024
Penerbit Yayasan Pustaka Obor Indonesia

Tulis ulasan

Catatan: HTML tidak diterjemahkan!
    Jelek           Bagus

Legalitas dan Legitimasi Surat Keterangan Tanah

  • Rp.0


Produk Terkait

HUH!

HUH!

Buku terbaru Iwan Jaconiah ini bersaksi tentang ba..

Rp.75.000

Desa Mawacara, Negara Mawatata: Desa Adat Bali Di antara Standar Penguatan dan Pengawasan

Desa Mawacara, Negara Mawatata: Desa Adat Bali Di antara Standar Penguatan dan Pengawasan

Buku kumpulan tulisan berjudul Desa Mawacara, Nega..

Rp.0

Petani Kecil Untuk Ketahanan Pangan Global

Petani Kecil Untuk Ketahanan Pangan Global

Sistem pangan di Indonesia dan seluruh dunia telah..

Rp.0

Tags: Legalitas dan Legitimasi Surat Keterangan Tanah: Mengusahakan Perlindungan Hukum yang Realistis terhadap Penguasaan Tanah Secara Sah di Indonesia,

Klik Chat Di Whats App