• KARTINI - Kumpulan Surat-surat 1899-1904 (Jilid 1)

Setiap tanggal 21 April, kita mengenang ikon emansipasi perempuan Indonesia Raden Adjeng Kartini sambil menyanyikan lagu “Ibu Kita Kartini” ciptaan Wage Rudolf Supratman, yang pertama kali diperdengarkan pada saat Kongres Wanita Indonesia pada 22 Desember 1929.

Pada 1964, Presiden Sukarno menetapkan R.A. Kartini sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional, melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia No.108 tanggal 2 Mei 1964.

Kartini seorang gadis jenius yang lahir di Jawa dan hanya menempuh pendidikan sekolah dasar zaman itu, namun rajin membaca buku-buku bahasa Belanda pemberian dari sang Ayah. Kartini menguasai bahasa Belanda dengan baik sekali, tetapi yang terpenting baginya adalah cita-cita untuk memajukan perempuan Indonesia (Jawa), yang zaman itu dikekang oleh adat dan aturan perkawinan yang ketat. Karenanya ia mengupayakan pendidikan agar perempuan jadi mandiri.

Tuan J.H. Abendanon, Direktur Departemen Pendidikan, Agama, dan Kerajinan Hindia Belanda, sebagai salah seorang sahabat pena mengumpulkan surat-surat Kartini dan menerbitkannya pada 1911 dengan judul “Door Duisternis Tot Licht” (Dari Kegelapan Menuju Terang), untuk memperkenalkan cita-cita Kartini dalam memajukan perempuan Indonesia dan mendirikan sekolah-sekolah perempuan di Indonesia.


Buku tentang Kartini ini, terdiri dari 3 jilid: jilid I menyajikan surat-surat Kartini yang dikumpulkan dari arsip di Belanda; jilid II berisikan tentang kehidupan, renungan, dan cita-citanya; dan jilid III diuraikan mengenai tantangan yang dihadapi dalam meningkatkan kesetaraan perempuan di Indonesia dan langkah-langkah yang perlu dilakukan.

Wardiman Djojonegoro mengumpulkan surat-surat Kartini sewaktu mengadakan penelitian untuk mengajukan naskah-naskah kuno, di Perpustakaan KITLV/UB-Leiden di Belanda. Surat-surat Kartini yang dikumpulkan dan diterjemahkan dari bahasa Belanda ke dalam bahasa Indonesia, yang merupakan kumpulan surat-surat Kartini yang paling banyak hingga 2024, dengan jumlah 179 surat Kartini.

Info Buku
ISBN Masih dalam proses permintaan
Dimensi 15 x 23 cm
Jenis Cover Soft Cover
Jenis Kertas Bookpaper
Berat 1000 gram
Jumlah Halaman viii + 926 hlm
Tahun Terbit 2024
Penerbit Yayasan Pustaka Obor Indonesia

Tulis ulasan

Catatan: HTML tidak diterjemahkan!
    Jelek           Bagus

KARTINI - Kumpulan Surat-surat 1899-1904 (Jilid 1)

  • Penulis: Wardiman Djojonegoro
  • Ketersediaan: Pre-Order
  • Rp.0


Produk Terkait

Syekh Zayed bin Sultan Al Nahyan Sang Pendiri Uni Emirat Arab

Syekh Zayed bin Sultan Al Nahyan Sang Pendiri Uni Emirat Arab

Markaz Al-Imarat Li Ad-Dirasat Wa Al-Buhuts Al-Ist..

Rp.0

Kisah Menulis Storytelling Secara Kesastraan -  Perspektif Literary Journalism

Kisah Menulis Storytelling Secara Kesastraan - Perspektif Literary Journalism

“Buku ini memaparkan variasi teknik penulisan stor..

Rp.0

The Chinese of Sukabumi: A Study of  Social and Cultural Accommodation

The Chinese of Sukabumi: A Study of Social and Cultural Accommodation

Study of the Chinese minority in Indonesia has for..

Rp.0

Tags: KARTINI - Kumpulan Surat-surat 1899-1904 (Jilid 1)

Klik Chat Di Whats App