• Indonesia Undercover

Mengapa Amerika Serikat (AS) dan Inggris takut kepada leadership Presiden Soekarno? Selain itu, AS dan Inggris pun takut kepada dua orang jenderal TNI di era Soekarno, yaitu Jenderal A.H. Nasution dan Jenderal Ahmad Yani. Reputasi militer mereka banyak disorot oleh kalangan elite militer AS dan Inggris karena setiap gerakan separatis yang didukung oleh AS dan Inggris dapat dihancurkan oleh pasukan TNI yang dipimpin oleh kedua jenderal tersebut.


Para pemikir strategi militer dan pemimpin AS dalam mengembangkan kebijakan luar negerinya di seluruh belahan dunia sangat memperhatikan dan menggunakan teori-teori realisme, seiring perkembangan dunia yang berubah pasca Perang Dunia Kedua. Di era kepemimpinan Presiden Soekarno, politik luar negeri Indonesia berada pada posisi sebagai anggota Gerakan Non Blok, lebih mendekat dan mesra-mesraan dengan Uni Soviet dan China sebagai rivalitas AS dan sekutunya dalam Perang Dingin. Jika Indonesia bersekutu dengan Uni Soviet dan China maka dunia akan dapat dikuasai dan dikendalikan oleh hegemoni Indonesia, Uni Soviet, dan China. Alasannya karena Indonesia terletak di rimland of Asia dan Uni Soviet berada di “daerah jantung”-nya Eropa. Ketiga negara ini memiliki jumlah penduduk terbanyak di dunia, sumber daya yang lengkap, dan angkatan perang yang kuat dengan kepemimpinan yang mampu mengubah “status quo”, apalagi bila ketiga negara membentuk pakta persekutuan militer yang disebut Triangler Power. Di samping itu, Uni Soviet pun memiliki pakta pertahanan Warsawa dengan dengan negara-negara Eropa Timur.


Indonesia dengan segala sumber daya dan kekuatannya dapat menjadi negara dengan peran penting di dunia. Di dalam buku ini, akan dikupas tuntas tentang kekuatan Indonesia, mulai dari kekuatan sumber daya alam, manusia, hingga kekuatan militer. Sangat patutlah Indonesia menjadi kekuatan baru di dunia jika Indonesia dapat memanfaatkan segenap kekuatan tersebut seiring dengan pelaksanaan cita-cita kemerdekaan dan sesuai dengan ideologi bangsa, yaitu Pancasila.

Info Buku
Dimensi 14,5 x 21 cm
Berat 400 gram
Tahun Terbit 2023
Penerbit Pustaka Obor Indonesia

Tulis ulasan

Catatan: HTML tidak diterjemahkan!
    Jelek           Bagus

Indonesia Undercover

  • Rp.0


Produk Terkait

SDGs Desa: Metodologi dan Pengukuran (Trilogi SDGs Desa #2)

SDGs Desa: Metodologi dan Pengukuran (Trilogi SDGs Desa #2)

SDGs Desa merupakan konsep pembangunan praktis, ga..

Rp.0

Geliat Kampung Tersembunyi: Siasat Penghidupan dan Perubahan di Teluk Depapre, Jayapura

Geliat Kampung Tersembunyi: Siasat Penghidupan dan Perubahan di Teluk Depapre, Jayapura

Dalam bab pertama “Orang Kendate dan Karakter Sos..

Rp.0

Jejak Pengabdian Ulama - Pelopor Penasihatan Perkawinan

Jejak Pengabdian Ulama - Pelopor Penasihatan Perkawinan

Buku ini menyajikan biografi pengabdian,  ..

Rp.0

Tags: Indonesia Undercover

Klik Chat Di Whats App