• Geliat Kritis dalam Penelitian Sosial: Catatan Para Peneliti

 Buku ini membangkitkan harapan yang besar bahwa akan lahir dan menguatnya pengetahuan yang berakar pada pengalaman Indonesia untuk dunia. Para penulisnya datang dari latar keilmuan yang berbeda-beda, dari manajemen, sains-teknologi, sampai psikologi dan sastra. Mereka menggeluti persoalan lapangan yang beraneka, dari korupsi sampai autisme, dengan satu pijakan yang sama: perspektif kritis. Pengetahuan yang terbangun lahir dari empati, pergulatan diri, refleksi atas kesulitan dan kesalahan. Inilah akar pengetahuan sejati.

(Melani Budianta, Guru Besar Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia)

Buku ini membawa semangat baru dari para ilmuwan muda dengan pemikiran kekinian tentang pentingnya data berbasis local-specific, membumi dan bersifat naturalis-humanis. Buku ini wajib menjadi referensi bagi para mahasiswa, akademisi, pelaku pembangunan, dan para pembuat kebijakan dari berbagai disiplin ilmu.

(Emy Susanti, Guru Besar Sosiologi Gender, Universitas Airlangga)

Buku ini berupaya menghadirkan hasil-hasil penelitian yang bukan saja anti-mainstream, tetapi bernuansa kritis. Hasil kerja keras para peneliti yang harus dihargai adalah upayanya untuk menemukan pengertian “kritis” dari berbagai hasil penelitian tersebut.

 (Heru Nugroho, Guru Besar Sosiologi UGM)

Ditulis oleh peneliti dari generasi muda, buku ini mencerminkan pendekatan penelitian terbaru dari berberapa disiplin. Buku ini akan sangat berguna sebagai pedoman untuk penelitian non-positivist di bidang seperti psikologi, manajemen, pendidikan, perencanaan dan kebijakan publik. Buku ini bisa membantu mahasiswa yang ingin menggunakan pendekataan yang menyegarkan yang akan semakin memajukan dunia penelitian di Indonesia.

(Kate McGregor, Associate Professor of Southeast Asian History, The University of Melbourne)

This book provides a fine introduction to critical studies in social research. It will be particularly useful for those in disciplines such as education, management and psychology, where quantitative and positivist approaches still dominate. It explains concepts such as critical thinking, reflexivity, discursive analysis and positionality in an engaging, persuasive and sometimes quite personal way.

(Lyn Parker, Professor of Asian Studies, The University of Western Australia)

This collection of essays represents the intellectual journeys of a new generation of Indonesian academics. In a refreshingly personal, open and honest manner, the authors reflect on the multiple practical and scholarly challenges involved in conducting qualitative research. They not only identify a broad range of urgent research topics and interdisciplinary approaches, but also try the bridge the gaps between academia, bureaucracy and everyday life.

(Edwin Jurriens, Senior Lecturer in Indonesian Studies, The University of Melbourne)
Info Buku
ISBN 978-602-433-775-9
Dimensi 14,5 x 21 cm
Berat 220 gram
Jumlah Halaman xvi + 208 hlm
Tahun Terbit 2019

Tulis ulasan

Catatan: HTML tidak diterjemahkan!
    Jelek           Bagus

Geliat Kritis dalam Penelitian Sosial: Catatan Para Peneliti

  • Penulis: Kanti Pertiwi, Ph.D. & Hani Yulindrasari Ph.D. (ed.)
  • Ketersediaan: Tersedia
  • Rp.80.000


Produk Terkait

Konservasi Mangrove dan Kesejahteraan Masyarakat

Konservasi Mangrove dan Kesejahteraan Masyarakat

Ekosistem hutan mangrove (EHM) memiliki keterkaita..

Rp.90.000

Ekonomi Politik Gula: Kedaulatan Pangan di Tengah Liberalisasi Perdagangan

Ekonomi Politik Gula: Kedaulatan Pangan di Tengah Liberalisasi Perdagangan

Kedaulatan pangan sebagai bagian dari kedaulat..

Rp.80.000

KEKERASAN EKSTREM BELANDA DI INDONESIA Perang Kemerdekaan Indonesia 1945-1949

KEKERASAN EKSTREM BELANDA DI INDONESIA Perang Kemerdekaan Indonesia 1945-1949

Aksi kekerasan yang insidental atau tindak kek..

Rp.75.000

Klik Chat Di Whats App