• Catatan B.M. Diah: Peran “Pivotal” Pemuda Seputar Lahirnya Proklamasi 17-8-’45

Burhanudin Mohamad Diah (BM Diah), lahir di Kotaraja (sekarang Banda Aceh), 7 April 1917. BM Diah adalah pendiri dan pemimpin surat kabar Merdeka (surat kabar yang tergolong tua di Indonesia) yang dirintisnya sejak 1 Oktober 1945. Sebagai tokoh pers senior yang disegani dan pernah menjadi sekretaris pribadi tokoh pergerakan nasional, Douwes Dekker, ia mengawali kariernya di bidang jurnalistik sebagai redaktur pertama di Sinar Deli, Medan, kemudian “millmeter vreter” pada surat kabar Sin Po (1939).

Pada tahun 1945, BM Diah menjabat sebagai redaktur pelaksana dan wakil pemimpin redaksi surat kabar Asia Raya, serta sekaligus melibatkan dirinya dalam kegiatan politik sebagai pemimpin gerakan pemuda yang dikenal dengan nama Angkatan Baru ’45, sebagaimana buku yang sedang berada di tangan para pembaca sekarang ini. Ia juga aktif sebagai anggota Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP) di masa permulaan revolusi 17 Agustus 1945, anggota Dewan Penasihat Presiden Soekarno, dan anggota Dewan nasional.

BM Diah adalah seorang nasionalis dan patriot sejati. Tiga kali berturut-turut ia menjabat sebagai Duta Besar Indonesia untuk Cekoslovakia dan Hongaria, Kerajaan Inggris dan Muangthai (sekarang Thailand) dari tahun 1959-1967. Bersamaan kedudukannya sebagai Duta Besar di Cekoslovakia, ia juga merangkap sebagai gubernur untuk Indonesia pada Komisi Internasional Energi Atom. Pada tahun 1966-1968, ia memegang jabatan sebagai Menteri Penerangan RI.

Pada 21 Juli 1987, di usia 70 tahun dan waktu itu sudah berpengalaman 50 tahun di dunia jurnalistik, BM Diah memperoleh kesempatan emas mewawancarai Sekretaris Jenderal Partai Komunis Uni Soviet, Mikhail Sergeyevich Gorbachev, di Kremlin, Moskow. Ia menganggap pertemuannya dengan Gorbachev sebagai mahkota bagi seorang wartawan.

Info Buku
ISBN 978-602-433-567-0
Dimensi 14, 5 x 21 cm
Berat 500 gram
Jumlah Halaman lvi + 404 hlm
Tahun Terbit 2018

Tulis ulasan

Catatan: HTML tidak diterjemahkan!
    Jelek           Bagus

Catatan B.M. Diah: Peran “Pivotal” Pemuda Seputar Lahirnya Proklamasi 17-8-’45

  • Penulis: Dasman Djamaluddin (ed.)
  • Ketersediaan: Tersedia
  • Rp.100.000


Produk Terkait

Empat Kepak Sayap

Empat Kepak Sayap

YVONNE DE FRETES, yang lebih dikenal sebagai penya..

Rp.90.000

Troubled transit: Politik Indonesia bagi Para Pencari Suaka

Troubled transit: Politik Indonesia bagi Para Pencari Suaka

Troubled Transit melihat para pencari suaka yang ..

Rp.125.000

Keadilan Jender : Perspektif Feminis Muslim dalam Sastra Timur Tengah

Keadilan Jender : Perspektif Feminis Muslim dalam Sastra Timur Tengah

Mengkaji feminisme dalam perspektif Islam sangat m..

Rp.85.000

Klik Chat Di Whats App
Klik salah satu admin untuk chat di WA
Tiara
OBOR JAKARTA
Nia
OBOR JOGJA
Joko
OBOR MALANG