• Potret Perempuan Muslim Progresif Indonesia

Sinopsis buku: " Potret Perempuan Muslim Progresif di Indonesia".     Buku ini ditulis dengan sepenuh keterlibatan dalam gerakan perempuan komunitas Muslim, mulai dari komunitas kecil di kawasan IAIN Ciputat pada akhir 1980an, hingga diadopsi menjadi kebijakan negara sebagai mainstreaming gender. Tak pernah diduga, ide ternyata mempunyai kakinya tersendiri, hingga menjadi produk kebijakan negara seperti Undang-undang Perlindungan kekerasan dalam Rumah Tangga (UU PKDRT).  

 

Buku ini juga ditulis atas kegetiran kurangnya narasi gerakan pembaruan Islam yang  mengungkap kontribusi perempuan dalam ikhtiar pembaruan tersebut. Padahal, narasi gerakan pembaruan Islam tak hanya membedah isu-isu besar yang terjadi di ranah publik, tetapi juga pemaknaan ulang pada isu-isu personal dan domestik, seperti praktik kekerasan dalam rumah tangga, kepemimpinan perempuan,  hak-hak reproduksi perempuan dan lain-lain.

 

Menggunakan terminologi progresif di belakang kata 'perempuan Islam di Indonesia' dimaksudkan,  kemajuan perempuan Islam tidak harus meninggalkan hal-hal positif yang masih relevan di masa lalu untuk dibawa ke masa kini, tetapi pada saat yang sama,  menyambut hal-hal baik dan positif di masa kini untuk diadopsi perempuan muslim dalam menyambut kemajuannya di masa kini.


Info Buku
ISBN 978-602-433-553-3
Dimensi 14,5 x 21 cm
Jenis Cover Soft cover
Berat 400 gram
Jumlah Halaman xiv + 364 hlm.
Tahun Terbit 2017

Tulis ulasan

Catatan: HTML tidak diterjemahkan!
    Jelek           Bagus

Potret Perempuan Muslim Progresif Indonesia

  • Penulis: Neng Dara Affiah
  • Ketersediaan: Tersedia
  • Rp.140.000


Produk Terkait

Citra Kaum Perempuan di Hindia Belanda

Citra Kaum Perempuan di Hindia Belanda

Perubahan-perubahan besar terjadi dalam masyarakat..

Rp.29.000

MANGALUA

MANGALUA

Sampai sekarang, Mangalua, masih melembaga di teng..

Rp.85.000

Senja di Jakarta

Senja di Jakarta

Dalam novel Senja di Jakarta, Mochtar Lubis menyay..

Rp.80.000

Klik Chat Di Whats App