• Konflik Internal dan Kompleksitas Proxy War di Timur Tengah

Timur Tengah adalah wilayah eks jajahan Inggris dan Prancis yang cukup luas dan terus bergolak hingga dewasa ini pasca-dekolonisasi setelah usai Perang Dunia II. Wilayah ini tidak pernah surut dari berbagai jenis konflik, dengan faktor penyebab dan pemicu yang beragam. Ia tidak pernah sepi dari berbagai konflik internal dan antarnegara, yang terus membara sejak berakhirnya kolonialisme Barat. Pemicu konflik di Timur Tengah bisa berbeda, namun akar konflik bisa sama, jika ditelusuri dan diteliti kaitannya dengan berbagai persoalan politik, ideologi dan kepentingan geostrategis yang melibatkan banyak pihak, khususnya kekuatan-kekuatan luar. Konflik-konflik internal yang terjadi berkembang semakin buruk di berbagai negara di kawasan ini, dengan keterlibatan aktor luar yang kian mendalam dan beragam, sehingga situasi kawasan dipenuhi anarki dan semakin runyam prospeknya. Situasi darurat kompleks melahirkan krisis kemanusiaan yang hebat, dengan mengalirnya gelombang migrasi masif ke benua Eropa. 

Timur Tengah menjadi sumber sekaligus penyebar instabilitas ke berbagai penjuru dunia. Konflik-konflik dominan diwarnai pertentangan antara kelompok-kelompok agama dan etnik demi perebutan sumber daya alam dan penguasaan teritorial, yang tidak dapat dilepaskan dari sejarah kolonialisme di masa lalu dan juga respons dunia, terutama PBB, dan kekuatan-kekuatan kawasan dan global, dalam menyikapinya. Masa depan kawasan ini semakin runyam akibat aksi-aksi imperialisme dan pendudukan baru pasca-Perang Dunia II, termasuk yang dilakukan Israel dan didukung Barat pasca-invasi 1967. 

Timur Tengah, pusat lahirnya agama-agama besar yang memengaruhi dunia, selain kaya dengan sumber daya alam minyak dan gas bumi, yang menyediakan sebagian besar kebutuhan energi dunia, semakin memanas akibat eskalasi ketegangan yang sulit diturunkan karena kepentingan tumpang-tindih berbagai kelompok dan negara yang terlibat konflik di dalamnya. Friksi dan perpecahan kelompok-kelompok kekuatan domestik yang kian meluas, dan masuknya kekuatan besar lain, seperti Rusia, dan juga Turki, menambah kompleks persoalan yang muncul, sehingga upaya mencari resolusi konflik semakin sulit. Bukan tidak mungkin, akibat perkembangannya yang terus memanas dan mengalami eskalasi, perang besar yang bersifat mondial dapat muncul dari konflik yang lama dan baru yang ada di kawasan ini.

Info Buku
ISBN 978-623-321-034-8
Dimensi 15.5 x 23 cm
Jenis Cover Soft Cover
Jenis Kertas Bookpaper
Berat 400 gram
Jumlah Halaman xvi + 328 hlm
Tahun Terbit 2020
Penerbit Yayasan Pustaka Obor Indonesia

Tulis ulasan

Catatan: HTML tidak diterjemahkan!
    Jelek           Bagus

Konflik Internal dan Kompleksitas Proxy War di Timur Tengah

  • Rp.145.000


Produk Terkait

The Spectacular Indonesian Bamboos

The Spectacular Indonesian Bamboos

The spectacular Indonesian Bamboos is an account o..

Rp.400.000

Global Jurnal Politik Internasional Vol.10 No.2 Desember 2010 - Mei 2011

Global Jurnal Politik Internasional Vol.10 No.2 Desember 2010 - Mei 2011

Dalam Global: Jurnal Politik Internasional Volume ..

Rp.25.000

Suratan Takdir

Suratan Takdir

Zadig ou la Destinée ‘Zadig atau Suratan Takdir’ (..

Rp.65.000

Tags: Konflik Internal dan Kompleksitas Proxy War di Timur Tengah

Klik Chat Di Whats App