• Ideologi Hukum: Refleksi Filsafat atas Ideologi di Balik Hukum

Hukum tak dapat dilepaskan dari konteks sosio historis, bukan dari ruang hampa, karenanya hukum selalu bersifat ideologis, artinya selalu memuat ideologi.

Berangkat dari asumsi tersebut, buku ini, menantang anggapan umum wacana hukum di negeri kita yang mengklaim bahwa hukum itu “otonom, tidak memihak, tidak pandang bulu dan bebas dari kepentingan.”  Dengan mengangkat sebagai contoh kasus, ideologi Neoriberalisme yang diusung WTO, yang secara perkasa mengangkangi Pancasila sebagaimana cermin dalam UU Perbankan di Indonesia buku ini mendorong gagasan mengenai pentingnya mengkaji hukum secara ideologis.

Secara sederhana buku ini memberi sinyal tegas bahwa hukum TERNYATA dapat menjadi senjata untuk melanggengkan kepentingan kelompok dominan. Karenanya hukum harus terus dikritisi berdasarkan kaidah moral yang terkandung dalam Pancasila, sehingga hukum dapat memastikan terciptanya keadilan sosial dan kesejahteraan bagi seluruh Rakyat. Sebab bagaimanapun juga, Tujuan Hukum adalah “Salus Populi Suprema Lex” (Kesejahteraan Rakyat adalah Hukum Tertinggi).

Para wakil rakyat, ilmuwan, aktivis, kaum terdidik dan masyarakat umum, semoga dapat belajar banyak dari buku ini.

Info Buku
ISBN 978-602-98484-4-1
Dimensi 14,5 x 21 cm
Jenis Cover Softcover
Jenis Kertas HVS
Berat 250 gram
Jumlah Halaman viii + 202 halaman
Tahun Terbit 2013
Penerbit Insan Merdeka

Tulis ulasan

Catatan: HTML tidak diterjemahkan!
    Jelek           Bagus

Ideologi Hukum: Refleksi Filsafat atas Ideologi di Balik Hukum

  • Penulis: Petrus C.K.L. Bello
  • Ketersediaan: Tersedia
  • Rp.50.000


Tags: Hukum & Gender